Saturday, August 12, 2017

cara menjaga ac mobil supaya dingin dan awet

ac mobil mungkin bisa dihitung sebagai satu dari bahan penyusun yg terpenting sebagai fitur canggih kebegitu nyamanan pengemudi dan penumpang. di musim panas, ac tentu berperan utk menjadikan kabin terasa lebih sejuk. ketika musim penghujan, ac juga tak kalah penting utk menjadikan kaca tidak jadi berkabut. lagipula, mengemudi ketika hujan dgn membuka kaca tanpa memakai ac, cukup mengganggu saya karena air hujan yg masuk melalui celah jendela.

namun tidak sedikit orang yg merasa ac mobil mereka berproblem. contohnya saja ialah ac yg meluncurkan bau apek atau kurang sedap dan yg paling acapkali ialah ac yg kurang dingin. problem-problem tsb tentu akan cukup mengganggu. apalagi jika keadaan cuaca yg memaksa kita butuh akan ac mobil yg baik. utk itu, mari kita sedikit lebih mengenal penyebab dan cara membenarkan problem yg biasa terjadi pada ac mobil.
tips cara menjaga ac mobil

ac mobil meluncurkan bau


pada dasarnya, bahan penyusun yg ada pada ac mobil tidak dapat meluncurkan bau apek yg tidak sedap. namun faktanya, banyak pemilik mobil yg mendapati kasus semisal ini. jika memang anda mendapati hal semisal ini pada kendaraan anda, mungkin beberapa hal dibawah ini sebagai penyebabnya.

    pemakaian pengharum mobil yg asal-asalan. bahan yg digunakan pengharum yg asal tsb cenderung bermutu rendah, sehingga tentu saja akan dapat mengotori evaporator dan sulit utk dibersihkan.
    kotoran dan debu yg ada juga dalam kabin. hal ini dikarenakan acapkali berkendara dgn keadaan jendela terbuka, pemakaian sendal dan sepatu yg kotor ketika naik mobil dan sebagainya. kotoran itu juga menempel di evaporator dan menjadi sebab tumbuhnya jamur sehinggan muncul bau apek dan kurang sedap.
    asap rokok yg mengandung nikotin dapat lengket pada evaporator dan menjadi berlendir.

ac mobil tidak dingin


problem ini semisalnya yg paling banyak dikeluhkan pemilik mobil. saygnya, jika kita pergi ke bengkel ac mobil yg kurang terpercaya akan selalu diberitakan bahwa freon habis dan tinggal direcharge saja. padahal menurut beberapa sumber, freon tidak akan habis utk waktu yg lama. jika sampai freon habis, itu berarti ada kerusakan atau kebocoran pada system pendingin kendaraan kita. utk itu perlu diteliti lebih lanjut problem atau kerusakan sebelum mengrecharge freon. beberapa problem penyebab ac mobil yg tidak dingin antara lain ialah :

    kebocoran pada selang atau pipa ac yg biasanya dikarenakan karena usia, pemakaian part yg kurang baik atau tidak original.
      kerusakan pada bahan penyusun mesin kompresor. biasanya terdengar suara-suaraan dari ruang mesin dimana terletak mesin kompresor ac.

cara menjaga ac mobil supaya dingin dan awet


supaya ac mobil tetap awet dan selalu bekerja sesuai yg kita inginkan, maka ada baiknya utk mengikuti beberapa tips berikut ini.

    rajin membersihkan kabin dari kotoran dan debu, kususnya pada karpet bagian depan.
    jangan mengendarai mobil dgn jendela terbuka lebar, apalagi ketika ac dinyalakan.
    jangan merokok dalam keadaan ac mobil menyala.
    jika menyalakan mobil pastikan posisi ac dalam keadaan mati. tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian juga menyalakan ac.
    bersihkan kondensor ketika anda mencuci mobil utk membuang debu dan kotoran yg menempel, yg dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.
    jika parkir, sebisa mungkin pilih daerah yg sejuk dan terlindungi dari sinar matahari terik. hal ini supaya kabin tidak terlalu panas sehingga tentu saja akan kerja ac tidak terlalu berat ketika dinyalakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : cara menjaga ac mobil supaya dingin dan awet

0 comments:

Post a Comment